10/21/2015

Wow! Terdapat Bank Salah Transfer Rp 81 Triliun

Saliagu – Salah seseorang nasabah Deutsche Bank mendapat transferan dana USD 6 miliar (sekitar Rp 81,69 triliun) di rekeningnya. peristiwa Juni kemudian itu terungkap lewat pemberitaan Bloomberg News kemarin (20/10).
Deutsche Bank

Kabarnya, bank terbesar Jerman yang berkecimpung di bidang investasi itu baru menyadari kesalahan yang mereka lakukan pada hari berikutnya. Entah bagaimana nasib dana yang kadung masuk ke rekening satu dari nasabah dari Amerika perkumpulan (AS) tadi. Yang kentara, salah seseorang pegawai junior bank itu lantas dipanggil dan dijatuhi denda.
”Salah seseorang anggota tim penjualan salah pencet dan tidak sengaja mentransfer dana sebanyak itu ke seseorang nasabah yang pula penanam modal,” ujar asal Bloomberg News.
Tidak hanya salah memencet nomor rekening, si pegawai yang tidak disebutkan namanya itu ternyata pula salah hitung. Seharusnya, profit yang didapat tidak sebanyak itu.
Seharusnya, beliau menggunakan patokan pendapatan bersih buat menghitung profit nasabah. namun, waktu itu beliau menggunakan patokan pendapatan kotor. Kesalahan fatal tadi memproduksi bank yang berkantor pusat di Kota Frankfurt itu kian terpuruk. karena, bank tadi sebelumnya dihantam serangkaian skandal. Baik yang berkaitan dengan keuangan pula aturan.
Pascaskandal itu, duo CEO bank yang memiliki banyak cabang di empat benua tadi mengundurkan diri. Juni kemudian Anshu Jain dan Juergen Fitschen meletakkan jabatan mereka.
”Mereka berdua mengundurkan diri karena gagal mencapai sasaran usaha yang ditetapkan sendiri,” kentara asal Bloomberg News. Selain itu, mereka sering mengambil kebijakan yang salah waktu bank ditimpa masalah.
setelah pengunduran diri Jain dan Fitschen, Deutsche Bank berada di bawah kepemimpinan CEO baru. Yakni, John Cryan. Sang pemimpin baru mewarisi sedikitnya 6.000 kasus aturan.