6/07/2017

Pesona Pantai Apparalang Bulukumba Bikin Gagal Move On

Saliagu - Move on? Halo sahabat traveler, ini bukan tentang si mantan yah, tapi ini tentang sebuah keindahan alam. Nah, bicara tentang keindahan alam pasti dibenak kita kalau bukan Pantai pasti Air Terjun atau Gunung. Iya gak sih?

Pesona Pantai Apparalang Bulukumba Bikin Gagal Move On
Pantai Apparalang Bulukumba
Lagi-lagi Sulawesi Selatan tepatnya Kabupaten Bulukumba, sejak dulu Bulukumba sudah terkenal dengan wisata pantainya yang sangat indah bahkan salah satu pantai di Bulukumba, konon katanya sudah mendunia sahabat traveler. Apalagi coba kalau bukan Pantai Bira?

Selain Pantai Bira, ada satu pantai lagi di Bulukumba yang wajib Anda kunjungi sahabat traveler, yaitu Pantai Apparalang. Pantai ini disebut-sebut memiliki kemiripan dengan Raja Ampat milik Papua yang sudah tersohor itu, jadi tidak heran jika banyak yang menyebut Pantai Apparalang sebagai Raja Ampat-nya Bulukumba. Wow, Bulukumba memang keren!

A post shared by Regha Saliagu (@saliagu) on


Pantai Apparalang awalnya hanya dirintis oleh warga setempat pada tahun 2011 dan baru dipopulerkan ke masyarakat luas sekitar November tahun 2014. Hingga saat ini (2017), Pantai Apparalang terbilang cukup ramai pengunjung karena semakin antusiasnya para sahabat traveler mengexplore pantai ini melalui sosial media seperti Instagram & Facebook. Termasuk saya, hehe :)


Pantai Apparalang sedikit berbeda dengan pantai-pantai lainnya karena berada di atas tebing karang yang menjulang tinggi. Terlihat dari atas tebing, Pantai Apparalang menawarkan keidahan yang eksotis dan memancarkan pesona gradasi warna air laut yang biru kehijauan yang sangat menawan. Hal inilah yang membuat sahabat traveler gagal move on jika hanya berkunjung sekali saja di pantai ini.

Lokasi & Tarif
Pantai Apparalang terletak di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Pantai ini berjarak kurang lebih 40 Kilometer dari Bulukumba, atau sekitar 200 Kilometer dari Kota Makassar. Perjalanan dari Makassar ke Bulukumba dapat ditempuh dengan transportasi umum seperti mobil pribadi yang digunakan untuk angkutan umum dengan biaya sekitar Rp. 60.000,-/orang. Sedangkan tiket masuk Rp. 15.000,-/orang. 

Sarana & Fasilitas
Walaupun Pantai Apparalang masih terbilang baru namun fasilitas yang diberikan pantai ini sudah cukup memadai sahabat traveler. Area parkir yang memadai, toilet lumayan bersih. Pengelola Pantai Appalarang pun sudah menyiapkan fasilitas snorkeling. Namun sayangnya di pantai ini belum ada penginapan, jadi jika sahabat traveler bermaksud nginap, silahkan bawa tenda dan kebutuhan lainnya.