12/10/2015

Menghapus URL Crawl Error di Webmaster Tools

Saliagu - Error pada Crawl di Webmaster Tools termasuk kesalahan umum yang biasa terjadi di seluruh website atau blog di dunia. Crawl error ini terjadi karena kesalahan dalam mengetikkan url yang masuk dalam blog Anda dan mungkin dari url artikel Anda yang sudah terhapus jadi tidak bisa di akses kembali oleh orang atau bot google dan mengakibatkan Error Page Not Found 404 di blog Anda.

Error Page Not Found 404
Kesalahan crawl error adalah sesuatu yang tidak bisa Anda hindari dan crawl error tidak selalu memiliki efek langsung dari kinerja SEO blog Anda. Namun demikian, crawl error adalah masalah yang harus Anda perbaiki, karena crawl error menyangkut kesehatan blog Anda dan Anda pasti tau kalau google tidak menyukai situs yang tidak sehat.

Penyebab lain crawl error biasanya terjadi pada kotak komentar yaitu ketika ada pengunjung yang meninggalkan link artikelnya di blog Anda dan artikel tersebut dihapus oleh pemiliknya. Jadi Anda juga harus pintar dalam mempublish komentar di blog Anda.

Cara Menghapus URL Crawl Error di Webmaster Tools
Menghapus crawl error di webasters tools itu terbilang mudah, hanya saja crawl error ini sering terjadi, maka hal yang perlu Anda lakukan adalah cek setiap seminggu sekali untuk melihat crawl error di webmaster tools.
Google Webmaster Tools
  1. Silahkan masuk di Google Webmasters Tools dengan akun Anda.
  2. Pilih salah satu blog Anda yang terjadi kesalahan crawl error ( Jika Anda memiliki lebih dari satu blog ).
  3. Pada sidebar sebelah kiri pilih Crawl » Crawl Errors. Untuk yang menggunakan bahasa Indonesia pilih Kesehatan » Kesalahan Perayapan.
    Crawl Error
  4. Centang semua kesalahan Crawl Error, kemudian klik download.
  5. Ada dua pilihan download yaitu CSV atau Google Dokumen, kalau saya biasa pilih CSV.
    Pilihan Download CSV dan Dokumen
  6. Setelah Anda download, kemudian lihat di sidebar sebelah kiri pilih Google Indexs » Remove URLs, ini bertujuan agar link yang error tidak terindex lagi oleh bot google.
  7. Copy link error yang sudah Anda download tadi, kemudian klik pada Create A New Removal Request. Lalu paste link error tadi di kotak kemudian klik Continue.
  8. Setelah Anda klik Continue, Anda akan di hadapkan pada 3 pilihan, namun saran saya biarkan default saja. Kemudian klik Submit Request.
  9. Pada tahap ini Anda sudah menghapus crawl error satu, untuk menghapus semua lakukan satu persatu hingga selesai.
Dalam proses penghapusan URL "Error Page Not Found 404" memerlukan waktu yang cukup lama (tidak bisa langsung hilang). Dan waktunya tergantung seberapa sering Google mengcrawl blog Anda.

Semoga cara diatas bisa membantu menghapus crawl error di blog Anda dan proses crawling pada blog Anda semakin lancar. Tentunya mampu mendongkrak posisi blog Anda di mesin pencari Google karena proses perbaikan error tersebut juga merupakan bagian dari SEO.