12/11/2015

Baru! Google Algoritma RankBrain

Saliagu - Tersiar kabar bahwa Google telah meluncurkan teknologi mesin belajar yang disebut RankBrain dimana mesin ini mampu menilai dan memberikan hasil pencarian yang sangat akurat. Google bekerja dengan cerdas dari buatannya ini sejak beberapa bulan yang lalu. Sistem baru ini pun sudah digunakan oleh sebagian besar dari permintaan pencarian.

 Google Algoritma RankBrain
 Google Algoritma RankBrain

Apakah RankBrain?

RankBrain adalah salah satu dari ratusan faktor yang masuk ke dalam peringkat Google algoritma Hummingbird yang digunakan saat ini. Menurut Google, RankBrain diperkenalkan sejak awal tahun 2015 dan sekarang RankBrain termasuk dalam sinyal peringkat ketiga yang sangat penting, namun sayangnya Google tidak mengungkapkan sinyal terbaik pertama dan kedua itu.

Perbedaan yang paling signifikan dengan teknologi yang sudah ada sebelumnya adalah bahwa RankBrain memiliki kemampuan untuk belajar. RankBrain diperkenalkan untuk meningkatkan penanganan permintaan pencarian secara ambigu.

RankBrain dapat melihat pola antara permintaan pencarian yang kompleks dan memahami bagaimana mereka berhubungan. Berdasarkan pengalaman ini, sistem yang lebih baik dapat memahami permintaan pencarian yang kompleks di masa depan dan memberikan hasil pencarian yang lebih akurat.

Apa Dampak RankBrain pada SEO?

Sejauh tidak ada implikasi diketahui untuk pencarian optimasi mesin tersebut. Bahkan RankBrain hanya memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Akibatnya dapat diharapkan klik yang valid dan konversi tayang yang terus meningkat dengan RankBrain. 

Jika Anda terus fokus pada konten berkualitas tinggi yang relevan untuk kelompok sasaran Anda, website Anda mungkin memperoleh manfaat dari RankBrain. Selain itu, dapat diasumsikan bahwa RankBrain akan mendukung evolusi dari optimasi SEO dengan kata kunci berbasis pendekatan holistik konten.

Lalu apa yang Anda pikirkan dengan RankBrain, apakah akan mempengaruhi SEO? Silakan berbagi pengalaman Anda dengan kami di komentar.