12/22/2015

Istilah AdSense Wajib di Pahami

Saliagu - Sebelum Anda memulai jadi publisher AdSense, Anda diwajibkan untuk memahami istilah penting dalam AdSense. AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google.
Istilah AdSense
Istilah AdSense (CTR, CPC, RPM)
Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka.

Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.

Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google AdSense juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan arahan (Referral).

Pada AdSense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka. Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian tersebut, yang berlanjut dengan klik pada iklan yang disertakan pada hasil pencarian. Pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pemasang iklan tersebut.

Apakah itu iklan BPS?

BPS adalah singkatan dari "biaya per seribu tayang". Pengiklan yang menjalankan iklan BPS menetapkan harga yang diinginkan per 1000 kali penayangan iklan, memilih penempatan iklantertentu untuk menampilkan iklan, dan membayar setiap kali iklan tampil.

Untuk penayang, hal ini berarti penghasilan di akun setiap kali iklan BPS ditayangkan pada laman. Iklan BPS bersaing dengan iklan bayar per klik (atau BPK, biaya per klik) dalam lelang iklan, sehingga hanya iklan berkinerja terbaik akan ditayangkan pada laman. Pengiklan harus menawar BPS lebih tinggi daripada BPK yang ada untuk menampilkan iklan.

Iklan BPS dapat berupa iklan teks atau gambar, dan selalu bertarget penempatan. Iklan teks BPS akan diperluas untuk menempati seluruh unit iklan. Iklan teks diperluas ini dapat ditampilkan pada lamanFormat Iklan.

Apakah Biaya per Keterlibatan (BPKt) ?

Dengan penawaran biaya per keterlibatan (BPKt), pengiklan hanya membayar ketika pengguna terlibat dengan iklan secara aktif. Misalnya, pengiklan membayar untuk iklan lightbox (sejenis iklan yang dapat diperluas dan bisa diperluas hingga ukuran yang sangat besar) berdasarkan BPKt. Ini berarti, penayang memperoleh penghasilan dari iklan lightbox ketika pengguna memilih untuk terlibat dengan iklan tersebut, mis., dengan mengarahkan kursor ke iklan selama lebih dari dua detik untuk memperluas iklan.

Apakah Biaya per Klik (BPK)?

Biaya per klik (BPK) adalah jumlah yang Anda peroleh setiap kali pengguna mengeklik iklan Anda. BPK untuk iklan ditentukan oleh pengiklan; sebagian pengiklan mungkin bersedia membayar lebih per klik daripada pengiklan lainnya, tergantung pada apa yang diiklankan.

BPS Tampilan Aktif

Dengan penawaran biaya per seribu tayangan Tampilan Aktif (BPS Tampilan Aktif), pengiklan menawar 1.000 tayangan terlihat dan hanya membayar tayangan yang diukur sebagai terlihat, yaitu, bila sedikitnya 50% bagian iklan ditampilkan di layar selama setidaknya satu detik.

Pendapatan per seribu tayangan (RPM) 

Pendapatan per seribu tayang menunjukkan penghasilan tertaksir yang akan Anda dapatkan untuk setiap 1.000 tayangan yang Anda terima. RPM tidak menunjukkan penghasilan Anda sebenarnya; namun, jumlah itu dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah tampilan laman, atau kueri yang Anda terima, kemudian dikalikan 1.000.

Rumus:
RPM = (Penghasilan tertaksir/Jumlah tampilan laman) * 1.000

Misalnya:
Jika penghasilan tertaksir Anda sebesar $0,15 dari 25 tampilan laman, RPM laman Anda sama dengan ($0,15/25) * 1.000 atau $6,00.

Jika penghasilan tertaksir Anda sebesar $180 dari 45.000 tayangan iklan, RPM iklan Anda sama dengan ($180/45.000) * 1.000 atau $4,00.

RPM merupakan nilai yang umum digunakan dalam program periklanan, dan ini mungkin berguna bagi Anda untuk membandingkan pendapatan di berbagai saluran yang berbeda.