11/26/2015

Tips Untuk Fresh Graduate Memulai Karier

Saliagu - Congratulations! Anda baru saja menyelesaikan jenjang pendidikan dan siap untuk terjun ke dunia karier. Mungkin sekarang Anda sedang bersiap-siap untuk menulis CV atau malah sudah mengirimkan. Apa lagi yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan peluang Anda? Simak tips di bawah ini bagaimana fresh graduate memulai kerja :

 Fresh Graduate
Fresh Graduate
   
1. Curahkan Perhatian pada CV Anda

Hal-hal kecil seperti penulisan kata dan tata bahasa cukup krusial karena ini juga ikut merefleksikan tingkat ketelitian Anda. Jangan ragu untuk meminta bantuan orang lain untuk memeriksa ulang CV Anda.

2. Terus Kembangkan Diri Setelah Keluar dari Jenjang Pendidikan

Ilmu dari kursus, magang, atau pengalaman kerja paruh waktu yang Anda dapatkan akan menunjukkan bahwa Anda masih terus belajar dan berkembang meski sekolah telah usai, terutama bila Anda punya periode vakum dari sekolah hingga pencarian pekerjaan.

3. Perluas Koneksi Anda

Anda tentu pernah mendengar ucapan bijak “Bukan apa yang Anda tahu, tapi siapa yang Anda tahu.” Kelilingi diri Anda dengan orang-orang berkualitas, baik dari dunia karier maupun personal. Hadiri acara yang berhubungan dengan dunia karir atau industri yang Anda idamkan. Anda juga boleh mempertimbangkan menghadiri reuni. Kesempatan bisa datang dari mana saja.

4. Sesuaikan Pola Pikir Anda

Dalam pencarian kerja, di satu sisi, jangan terlampau terpaku pada satu saja pekerjaan idaman. Anda bisa mempertimbangkan lowongan pekerjaan lain yang memungkinkan Anda untuk belajar dan berkembang. Perbesar lingkaran pencarian dan jangan batasi di website lowongan kerja. Manfaatkanlah koneksi yang telah Anda bangun. Di sisi lain, jangan lekas putus asa bila Anda kerap menerima penolakan dan jangan berhenti memotivasi diri sendiri.

5. Porsi Wawancara

Anda mendapat kesempatan untuk diwawancarai perusahaan yang Anda lamar. Apa saja yang harus Anda perhatikan? Berikut :
  • Pilihan pakaian yang layak. Bila Anda tidak yakin dengan etika berpakaian di tempat kerja tersebut, pilih pakaian yang sopan dan formal. Ini juga berlaku untuk wawancara jarak jauh, semisal melalui Skype.
  • Tunjukkan antusiasme secukupnya yang dibarengi dengan jawaban dan pembawaan yang kalem. Jangan lupa untuk tersenyum.
  • Selalu siap sedia. Pelajari semua informasi yang bisa Anda dapatkan mengenai perusahaan yang Anda incar: visi, tujuan, dan status mereka.
  • Ciptakan narasi yang menunjukkan bahwa Anda dan kemampuan yang Anda miliki dapat memberi kontribusi pada perkembangan mereka.
  • Persiapkan pula diri Anda dengan mempelajari budaya kerja perusahaan tersebut dan ekspektasi gaji sesuai dengan kualifikasi Anda.

Masih belum beruntung? Jangan khawatir. Figur-figur paling brilian di dunia profesional di satu titik juga pernah berada di posisi Anda. Jangan lupa untuk terus mengembangkan dan memotivasi diri sendiri.