11/17/2015

Rutinitas Pagi Hari yang Membuat Anda Lebih Sehat dan Produktif

Saliagu - Apa yang biasanya Anda lakukan saat pertama kali bangun tidur? Mematikan (atau menunda alarm) di smartphone Anda? Atau mungkin sesegera mungkin memeriksaupdate apa saja yang masuk di sosial media maupun email? Mungkin juga Anda juga termasuk pengemar berat kafein yang saat bangun tidur langsung mencari kopi untuk memenuhi kebutuhan kafein?

Advices, Good Morning

Banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk memulai pagi, tapi sayangnya tidak semua kegiatan pagi yang Anda lakukan adalah kegiatan yang baik bagi tubuh. Padahal, pagi hari kerap dipercaya sebagai momen terbaik untuk meningkatkan kesehatan Anda. Berikut lima kebiasaan baik yang bisa Anda lakukan untuk mengawali hari.

1. Jangan Cek Apapun di Layar Handphone
Foto: www.thestar.com.my
Jika Anda menggunakan alarm di handphone Anda, maka mematikan alarm adalah satu-satunya kegiatan yang boleh Anda lakukan dengan handphone di pagi hari. Bukan berarti Anda tidak boleh memeriksa apa saja yang terjadi dengan kehidupan dunia (maya) Anda, tapi berikanlah minimal 20 menit di pagi hari Anda terbebas dari benda modern yang satu itu.

Manfaatkan waktu tersebut untuk menyapa seluruh anggota keluarga yang ada di rumah. Jika Anda tinggal sendirian, manfaatkanlah 15 menit tersebut menjadi “me time” Anda. Jangan salah, sekadar berdiam diri dan menikmati kesunyian pagi juga bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan.

2. Minum Air Jeruk Lemon Hangat
shanecloud.com
Foto: shanecloud.com
Sudah bukan zamannya memulai pagi dengan sambutan segelas penuh kafein. Belum lagi jika Anda biasa menambahkan gula ke dalam kopi. Cobalah beralih ke hal yang lebih sehat. Meminum segelas air jeruk lemon hangat, misalnya.

Air lemon hangat dipercaya bisa membantu proses pembersihan liver. Rasa asam lemon juga akan meringankan kerja asam pencernaan di pagi hari. Lemon yang kaya vitamin C dan asam askorbat dapat membantu memerangi virus flu dan juga menyerap zat besi yang berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Lemon juga bisa membuat kadar pH di dalam tubuh Anda menjadi seimbang kembali.

Foto: healthcaresolutionsplus.org
3. Olahraga Kecil


Jangan pernah melewatkan hari Anda tanpa olahraga. Tidak perlu berlebihan membayangkan bahwa olahraga yang harus Anda lakukan secara rutin adalah olahraga yang berat. Cukup memulai pagi Anda dengan melakukan peregangan-peregangan dan olahraga kecil saja. Waktu yang dibutuhkan pun tidak terlalu lama, hanya sekitar 10 menit rasanya cukup.

Untuk panduan gerakan apa saja yang harus Anda lakukan, coba maksimalkan pencarian informasi melalui internet Anda. Dengan berolahraga di pagi hari, Anda akan melepaska hormon endorfin yang akan mampu membuat Anda menjalani hari dengan lebih ceria.

4. Cek Ulang Semua Barang Bawaan
Foto: www.gurl.com
Anda yakin sudah membawa semua perlatan yang akan Anda butuhkan di kantor? Walaupun sudah menyiapkan dengan baik di malam sebelumnya, tidak ada salahnya jika Anda mengecek ulang barang bawaan. Anda bisa melakukannya setelah mandi, atau di 15 menit awal saat Anda baru saja bangun tidur.

Jika masih memiliki waktu lebih, menyiapkan sarapan bisa menjadi alternatif kegiatan pagi Anda. Orang yang mengawali hari dengan sarapan biasanya akan menjalankan kegiatan sehari-harinya lebih baik dibanding yang tidak sarapan, karena Anda bisa mendapatkan energi lebih untuk menjalani separuh hari Anda sebelum waktu makan siang tiba.
Foto: carlycoopercoaching.com
5. Meditasi

Pernah merasa kepala Anda sakit karena terlalu banyak memikirkan berbagai macam hal? Mungkin ini saatnya Anda melakukan kegiatan pagi yang satu ini, yaitu meditasi. Meditasi di pagi hari memiliki banyak sekali manfaat di antaranya adalah meningkatkan konsentrasi, membuat tubuh lebih berenergi, dan juga menyeimbangkan emosi. Bermeditasi juga dikatakan bisa membantu penurunan berat badan, melancarkan pencernaan, dan bagi wanita meditasi dipercaya bisa menghilangkan rasa sakit saat PMS menyerang.