11/04/2015

Hati-Hati! 3 Penyakit Sering Salah Diagnosa

Saliagu - Ketika tubuh kita mengalami gejala yang aneh hingga menyebabkan kondisi kesehatan menurun maka tentu jelas kita memerlukan pertolongan dari ahlinya. Disini diartikan sebagai dokter dan bukan mereka yang mengaku ahli. Saat tubuh mengalami masalah kesehatan tentu kita harus melakukan pemeriksaan ke dokter, namun menurut salah seorang profesor dari University of Missouri mengatakan jika saat mendiagnosa dokter pun kerap mengalami kesulitan hingga menyebabkan mereka salah mendiagnosa penyakit yang diderita pasien. Bayangkan dokter saja bisa salah, apalagi mereka yang bukan ahlinya?

Menurut Professor David Fleming kesulitan dokter mendiagnosa penyakit dari pasien bisa disebabkan banyak hal. Mulai dari kurangnya alat, tidak detailnya gejala yang dialami si pasien dan masih banyak lagi, banyaknya kendala yang dialami dokter pun menjadikan beberapa penyakit yang salah diagnosa. Lantas penyakit apa saja yang berisiko salah diagnosa? Berikut ulasannya seperti yang dilansir dari salah satu media ternama.

Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang berbahaya, sayangnya sampai sekarang masih banyak penderita yang tidak menyadari gejala dari penyakit diabetes yang ia alami. Penyakit diabetes juga menjadi penyakit yang sering salah diagnosa, karena kurangnya pengetahuan penderita hingga kondisi yang tidak disadari oleh penderita. Jika Anda mengalami gejala seperti kadar gula darah dalam tubuh meningkat, haus dan lapar berlebih, berat badan turun secara tiba-tiba hingga sering buah air, sebaiknya segera periksakan kondisi kesehatan kamu ke dokter untuk mendapatkan diagnose yang lebih lengkap.

Radang Usus

Radang usus menjadi salah satu penyakit yang bisa salah diagnosa, gejala awal dari penyakit ini memang umumnya akan menyerang pada sistem pencernaan, seperti diare, nyeri pada perut hingga masalah gizi. Namun, di dunia kedokteran penyakit ini membutuhkan diagnose yang lebih akurat seperti MRI atau bahkan tes darah. Hal ini tentu demi memberikan pengobatan yang maksimal kepada pasien. Maka dari itu saat kamu diminta untuk melakukan serangkaian tes kamu jangan kaget.
Satu lagi, radang usus buntu yang sering disebut sebagai penyakit yang mudah untuk di identifikasi ternyata juga bisa salah diagnosa. Pasalnya, tidak selamanya usus buntu menimbulkan gejala mual, nyeri di pusar atau demam.

Sakit Migrain

Migrain merupakan penyakit yang dikenal sebagai sakit kepala sebelah. Namun menurut profesor Flemingh, penyakit ini tidak boleh dianggap remeh karena migraine pun bisa menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius, seperti kelumpuhan. Nah, maka dari itu jika kamu mengalami gejala migraine, sebaiknya kamu memeriksakan kondisi kesehatan kamu ke dokter demi pengobatan yang tepat, karena migrain tidak selamanya menyebabkan sakit kepada, mual hingga muntah. Apalagi dari hasil penelitian kebanyakan orang melakukan pengobatan yang salah saat mengalami migrain.