11/04/2015

Baca! Aturan Menjalin Hubungan Asmara dengan Teman Kantor

Saliagu - Punya pacar di kantor memang sepertinya menyenangkan karena artinya Anda bisa bertemu setiap hari. Tapi jika tak hati-hati bisa saja hubungan asmara di tempat kerja malah bisa meruntuhkan reputasi profesional Anda. Patuhi 5 aturan berikut ini agar asmara tetap lancar dan karier tak terganggu.

ilustrasi
Hubungan Asmara dengan Teman Kantor

1. Cek Peraturan Perusahaan
 
Beberapa perusahaan tak mengizinkan sesama karyawannya untuk menjalin hubungan, atau bahkan menikah. Jika perusahaan Anda seperti ini, pikirkan baik-baik apakah hubungan Anda hanya sekadar main-main atau memang serius? Apakah hubungan ini setimpal dengan sanksi yang akan Anda dapatkan jika sampai ketahuan?  

Kalau Anda tak berniat serius, dan Anda berisiko menghadapi sanksi skors atau pemecatan, lebih baik tak usah dilanjutkan. Tapi jika memang Anda berniat menjalani hubungan dengan serius dan berakhir dengan pernikahan, mungkin ini saatnya memikirkan siapa yang nantinya harus mengundurkan diri dari perusahaan jika sudah waktunya. 

2. Tetapkan Aturan dari Awal 
Saat Anda dan pasangan sudah sepakat menjalin hubungan, buatlah komitmen dan peraturan yang harus sama-sama dipatuhi. Sebagai contoh, jika kalian memilih merahasiakan hubungan ini, tetapkan siapa saja orang-orang kantor yang boleh tahu.  
Penting pula mengatur bagaimana Anda berinteraksi dengan pasangan di tempat kerja, misalnya tidak boleh ada panggilan sayang, tidak boleh ada pembicaraan pribadi selain pada jam istirahat, tidak boleh mencampuri urusan pekerjaan masing-masing, dan hal-hal lain yang Anda pikir akan berpotensi menyulut gosip di tempat kerja, maupun menyulut emosi di hubungan Anda. 

3. Beri tahu atasan 
Jika perusahaan mengizinkan hubungan asmara antar-karyawan, memang tak perlu menyembunyikan status Anda. Tapi juga tak perlu gembar-gembor ke seisi kantor, apalagi kalau hubungan tersebut tidak serius. Namun jika memang serius, ada baiknya pastikan atasan Anda tahu lebih dulu dari Anda, dan bukan dari embusan gosip. Cukup beri tahu secara kasual, sembari meyakinkan atasan bahwa fakta ini tak akan mempengaruhi kinerja Anda. 

4. Saat di Kantor, Kalian Adalah Kolega 
Pastikan Anda dan pasangan sama-sama bisa berperilaku profesional selama di kantor. Sepanjang jam kerja, lupakan bahwa Anda adalah sepasang kekasih. Status Anda hanyalah 100% rekan kerja. Hindari berdiskusi masalah pribadi di kantor, dan bermesraan selama jam kerja is a big no-no. Setelah jam kerja berakhir, silakan kembali keLovers Mode: ON. 

5. Masalah di Rumah Bukan Masalah di Kantor 
Ada masanya pasangan semesra apapun terlibat dalam pertengkaran. Jika ini terjadi, lupakan sejenak saat kaki sudah melangkah masuk gedung kantor. Jalin hubungan kerja yang baik dan profesional dengan pasangan, meskipun sebagai pacar sebenarnya Anda masih ngambek. Pisahkan masalah pribadi dengan hubungan kerja. Begitu pun sebaliknya, masalah di tempat kerja sebaiknya jangan dibahas di waktu pribadi di luar kantor. Anda dan pasangan bertemu seharian penuh di kantor, dan jika sudah saatnya untuk berduaan, masak topik obrolannya pekerjaan lagi?