5/26/2016

Keunggulan Jadi Sales Sebagai Pekerjaan Pertama

Saliagu - Sebagai fresh graduate, wajar jika Anda bingung memilih jalur karier selepas dari bangku kuliah.

Sales

Memegang gelar dengan spesialisasi tertentu juga bukan jaminan jalur karier yang mulus. Di tengah kebimbangan ini, coba pertimbangkan karier di sektor sales sebagai pekerjaan pertama Anda. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda raup selain gaji dan bonus menarik.

Simak alasan mengapa bekerja menjadi sales adalah salah satu pilihan pekerjaan terbaik bagi Anda yang baru menapak ke dunia karier.

1. Lapangan kerja yang cukup luas

Setiap perusahaan pasti punya departemen sales. Fakta ini ditambah bahwa jurusan apapun yang Anda ambil saat kuliah bisa mencoba jalur karier sebagai sales. Jurusan tersebut justru bisa menjadi kelebihan Anda. Misalnya jika Anda melamar sebagai sales di perusahaan farmasi, latar belakang di dunia medis atau sains tentu akan menarik perhatian pihak perusahaan. Begitu pula dengan jurusan bahasa asing yang dibutuhkan perusahaan multinasional atau jurusan IT yang dicari perusahaan dalam industri tersebut.

2. Karier relatif stabil

Profesi ini bisa dibilang tergolong cukup stabil dan aman dari pemotongan pegawai. Di saat perusahaan sedang guncang sekalipun, anggota sales justru akan menjadi tumpuan harapan untuk meningkatkan profit dan menyelamatkan perusahaan.

3. Mengembangkan network

Anda berkesempatan bertemu dan berhubungan dengan bermacam-macam tipe individu dan para pemain industri. Seorang sales yang kompeten tentu tahu kalau interaksi dengan klien tidak sebatas menjajakan produk, tapi juga menjalin hubungan yang berdasarkan kepercayaan. Hubungan profesional ini akan menguntungkan Anda sepanjang perjalanan karier di masa depan.

4. Kompensasi sejalan dengan hasil kerja

Tidak seperti kebanyakan posisi lainnya, pegawai departemen sales umumnya dihargai dengan insentif komisi sesuai dengan hasil kerja dan target. Sederhananya, semakin giat Anda bekerja dan semakin Anda berprestasi, semakin besar pula bonus performa yang bisa Anda dapatkan. Karena Anda bisa melihat langsung buah dari kerja keras Anda, ada kepuasan tersendiri yang bisa didapatkan dari sistem kerja ini.

5. Belajar disiplin

Dengan sistem yang telah disebutkan di poin atas, tentu Anda perlu lebih berhati-hati dengan alokasi waktu dan energi Anda di tempat kerja. Kebanyakan departemen sales di berbagai perusahaan menikmati waktu kerja fleksibel untuk mengejar dan menetapkan target, tapi hal ini bisa berbalik jadi bumerang jika Anda kurang disiplin. Ingat-ingat saja kalau Anda akan mendapat bonus jika konsisten dalam performa Anda. Bekerja di bidang ini akan mengajarkan Anda untuk jadi proaktif dan giat mengatur waktu dan strategi kerja Anda.

6. Melatih kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi

Untuk bisa sukses di bidang ini, Anda tentu perlu mampu meyakinkan siapa pun untuk membeli dan mengkonsumsi produk yang Anda tawarkan. Perusahaan tentu akan memberi Anda pelatihan memadai mengenai teknik-teknik mendekati klien potensial dan trik sales, tapi banyak kisah sukses yang sangat tergantung pada kepribadian Anda dan kemampuan mengaitkan kebutuhan sang klien dengan produk Anda.

7. Belajar menerima penolakan

Anda akan belajar bahwa penolakan adalah bagian dari tantangan sehari-hari sebagai anggota sales. Pantang menyerah menjadi kriteria nomor satu untuk bertahan di bidang ini. Untuk mendapat satu saja kesepakatan, Anda perlu punya strategi tepat, kemampuan membujuk, dan terutama, harus luar biasa sabar. Keahlian ini tidak hanya bisa Anda aplikasikan dalam pekerjaan saat ini, tapi juga nantinya dalam hidup atau pilihan karier selanjutnya.

8. Prospek karier menarik

Jika Anda memutuskan untuk terus berkarier di jalur ini, Anda bisa menargetkan berbagai posisi sebagai Sales Manager, Sales Supervisor, kepala cabang, bahkan manajemen, dan pengusaha. Pengalaman dan keahlian yang Anda bangun saat bekerja di sektor ini mencakup banyak lingkup bisnis dan akan selalu relevan di berbagai perusahaan dan industri.
Source : Qerja