12/02/2015

Positive Thinking Saat Susah Dapat Kerja

Saliagu - Saya tahu Anda telah berusaha 100% atau bahkan 200% dalam mencari kerja. Anda telah sering dan berulang-ulang memeriksa Curriculum Vitae, Cover Letter, dan mempelajari seluk beluk mengenai pencarian kerja. Jika Anda sedang down karena pencarian kerja yang tidak kunjung berakhir, coba terapkan tips di bawah ini untuk tetap positif thinking ketika Anda tidak juga mendapatkan pekerjaan.

Positif Thinking

1. Jangan Menjatuhkan Kepercayaan Diri

Kadang kala, perkara diterima kerja atau tidak terletak pada hal kecil yang berada di luar kendali Anda, seperti misalnya kecocokan dengan budaya kerja perusahaan atau semata karena perusahaan menemukan kandidat dengan keahlian atau pengalaman yang lebih cocok untuk posisi tersebut dari yang Anda miliki. Ketika kondisi ekonomi kurang kondusif dan pasaran kerja sedang dingin, tidak ada yang pasti, dan sudah jelas ini bukan kesalahan Anda. Alih-alih fokus terhadap kegagalan, selalu berpegang pada keberhasilan Anda untuk sampai di titik Anda saat ini agar Anda tidak merasa terpuruk.

2. Stop Membandingkan Diri Sendiri

Setiap individu punya perjalanannya masing-masing. Rasanya memang berat jika Anda merasa tidak kunjung 'terbang' sementara orang-orang di sekeliling Anda sudah mulai sibuk membangun perjalanan karir masing-masing. Namun percayalah bahwa waktu Anda bukan tidak tiba, tapi belum tiba. Anda boleh saja menjadikan kesuksesan rekan Anda di dunia kerja sebagai motivasi, tapi jangan menghabiskan waktu dan tenaga Anda untuk bertopang dagu dan merasa kecil hati karenanya.

3. Jangan Lupa Untuk 'Hidup'

Dengan berlimpahnya waktu luang, Anda mungkin tergoda untuk menjadikan setiap hari seperti hari libur dengan berkeliling rumah dalam piyama Anda dan berdiam di dalam kamar. Pola pikir adalah salah satu hal terpenting ketika Anda butuh suntikan semangat, jadi selalu pertahankan jadwal bangun pagi, makan, dan kebiasaan higienis Anda agar Anda tetap siap secara fisik dan mental. Sembari Anda menunggu.

4. Isi Waktu Anda Dengan Produktif

Banyak waktu luang? Coba baca buku-buku, pelajari keahlian baru, daftarkan diri untuk menjadi pegawai suka rela, atau bergabung dengan organisasi. Selain meningkatkan nilai Anda di pasaran kerja, kegiatan-kegiatan positif ini juga berguna untuk mengalihkan perhatian Anda sejenak dari kepenatan menunggu panggilan kerja.

5. Dekatkan Diri Dengan Keluarga dan Teman

Selalu ingat kalau Anda tidak sendiri. Dalam pencarian kerja yang panjang dan tidak juga membuahkan hasil, mudah rasanya merasa depresi dan kesepian. Jaga tali komunikasi dengan anggota keluarga, teman, dan orang-orang terdekat Anda, walau hanya dengan chatting sehari-hari atau satu, dua kali telepon. Entah untuk curhat atau menanyakan kabar, Anda akan merasa lebih enakan dan sedikit lebih bersemangat setelahnya.

6. Ikuti Pergerakan Industri

Salah satu alasan keengganan perusahaan menerima kandidat yang sudah lama menganggur adalah karena mereka khawatir kandidat tersebut tidak lagi memiliki kualifikasi relevan dan tidak up to date terhadap teknologi maupun informasi terbaru dalam industri. Patahkan keragu-raguan ini dengan selalu mengikuti perkembangan dan berita terkini mengenai sektor kerja Anda.

Anda yang pernah lama menganggur, apa yang Anda lakukan untuk tetap positif?

2 komentar