11/06/2015

11 Manfaat Menakjubkan dari Bernyanyi

Saliagu - Bernyanyi ternyata bisa mengurangi stres, meningkatkan mood, dan akan membuat hari-hari Anda lebih menyenangkan. Tapi ada banyak manfaat lagi yang bisa Anda dapatkan dari bernyanyi dan mungkin Anda tidak menyadarinya. Berikut 11 manfaat menakjubkan dari bernyayi :

Manfaat Bernyanyi

1.  Merilis hornom endorfin dan oksitosin

Endorfin merupakan hormon yang meningkatkan perasaan euforia dan kesenangan. Oksitosin juga dikenal sebagai "hormon berpelukan" karena dilepaskan ketika orang sedang bercinta. Diketahui, hormon tersebut dapat mengurangi stres dan kecemasan. Kedua hormon ini bisa membuat Anda merasa lebih baik secara umum dan menurunkan rasa sakit yang mungkin sedang Anda rasakan.

2. Meningkatkan fungsi kognitif

Beberapa studi telah menyimpulkan bahwa penyanyi dan musisi biasanya memiliki IQ lebih tinggi dari non-musisi. Bernyanyi bisa meningkatkan fungsi otak Anda secara keseluruhan dan membantu Anda berpikir sedikit lebih jelas.

3. Berumur panjang

Sebuah studi dari Yale dan Harvard secara bersamaan menunjukkan bahwa untuk beberapa orang yang ikut anggota paduan suara mempunyai pikiran dan perasaan yang lebih sehat dan bahagia, sehingga meningkatkan harapan hidup. Dengan kata lain bisa berumur panjang.

4. Menurunkan tekanan darah Anda

Ada beberapa studi kasus yang telah mengungkapkan bahwa menyanyi dapat menurunkan tekanan darah karena efek menenangkan dan relaksasi. Pasien bertekanan darah tinggi telah mampu menenangkan diri mereka dan tekanan darah mereka turun setelah mereka bernyanyi lagu kesukaan mereka.

5. Melatih otot wajah Anda

Teknik pernapasan dalam bernyanyi yang benar berasal dari diafragma. Teknik ini dapat memperkuat otot-otot perut dan punggung. Anda juga melatih otot-otot wajah Anda dengan cara yang unik ketika Anda bernyanyi, yang dapat membuat wajah Anda terlihat lebih energik dan hidup. Kelompok otot yang berkontraksi di antara tulang rusuk, yang membentuk dan memindahkan dinding dada Anda akan menerima cukup latihan ketika Anda menyanyi.

6. Meningkatkan empati dan pemahaman antar budaya

Musik dapat membantu semua orang untuk merasa terhubung dengan seluruh umat manusia, bahkan dengan budaya yang berbeda. Menyanyikan lagu-lagu yang berasal dari budaya lain dapat memberikan apresiasi baru untuk budaya mereka dan membantu Anda berempati dengan orang lain.

7. Baik untuk paru-paru

Ketika Anda bernyanyi, Anda secara alami duduk atau berdiri tegak untuk mendapatkan suara yang lebih baik. Menyanyi juga meningkatkan kapasitas paru-paru Anda dan membantu Anda untuk bernapas sedikit lebih mudah.

8. Menciptakan rasa komunitas

Bernyanyi di paduan suara atau bernyanyi di setiap jenis kelompok dengan orang lain bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan meningkatkan jalinan pertemanan. Ini memberi Anda kesempatan untuk berbagi pengalaman dengan sekelompok orang. Ada beberapa penelitian yang telah menunjukkan, bernyanyi di paduan suara akan menurunkan depresi pada banyak orang dewasa.

9. Membantu menyembuhkan Parkinson

Banyak penelitian yang menunjukkan bagaimana menyanyi dapat meningkatkan kesehatan pasien yang menderita penyakit Parkinson. Menyanyi dapat meningkatkan kontrol vokal dan melatih otot tenggorokan pada pasien. Bahkan ada beberapa studi yang menunjukkan musik dapat membantu pasien mendapatkan kembali keseimbangan mereka.

10. Meningkatkan memori

Menyanyi mengharuskan Anda untuk menggunakan memori Anda untuk mengingat lirik lagu, notasi dan irama. Jadi secara tidak langsung, ini adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga otak Anda agar berfungsi dengan baik saat usia Anda lanjut nanti.

11. Meningkatkan kekebalan tubuh

Karena bernyanyi dapat menurunkan tekanan darah Anda, tentu juga dapat menurunkan kadar kortisol yang lebih rendah, mengurangi kecemasan, dan tentu akan memiliki efek positif pada sistem kekebalan tubuh Anda.

Jadi sekarang Anda sudah memiliki alasan untuk bergabung dengan paduan suara atau cukup bersenandung kecil dalam kamar mandi atau saat berkendara. Selain menyenangkan, bernyanyi juga meningkatkan kesehatan untuk tubuh Anda.