1/25/2018

Cara Buat Artikel Instan Facebook di Blogger - Instant Articles

 Facebook Artikel Instan di Blogger

SALIAGU.net - Artikel Instan (Instant Articles) merupakan terobosan baru dari Facebook yang cukup mutakhir.  Instant Articles adalah sebuah strategi yang dibuat Facebook agar penggunanya tetap berada di dalam lingkup Facebook selama mungkin ketika sedang membaca artikel satu ke artikel lainnya.

Spesifiknya seperti ini, ketika Anda sedang menemukan sebuah tautan artikel di Beranda, Group atau Fanspage, maka pada saat mengklik URL tersebut secara otomatis akan terbuka di aplikasi Facebook itu sendiri. Jadi tautan tersebut tidak lagi meminta redirect untuk membukanya ke sebuah browser seperti Chome, Firefox, Etc.

Kelebihan dari Artikel Instan (Instant Articles) ini adalah proses loading yang super cepat. Namun sayangnya instant articles memiliki kekurangan juga yakni hanya bisa digunakan pada Smartphone dan sudah menginstall aplikasi Facebook.

Nah, jika Anda memiliki Fanspage dengan jumlah Like dan Followers cukup banyak, Anda bisa menggunkan kesempatan tersebut untuk mendapatkan penghasilan dari Artikel Instan (Instant Articles). Artikel yang Anda bagikan di Fanspage bisa di monetisasi dengan iklan Facebook jika sudah disetujui dengan Instant Articles. Cara kerjanya kurang lebih hampir sama dengan Google AdSense milik Google.

Cara Buat Artikel Instan Facebook di Blogger

Instant Articles tidak hanya disedikan untuk blog dengan platform WordPress saja, namun di Blogspot pun bisa dan sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya :

#Lakukan pendaftaran
Silahkan kunjungi link berikut : https://instantarticles.fb.com/.

#Buat Fanspage
Jika Anda sudah punya Fanspage maka langsung klik Singup, jika belum punya Fanspage silahkan buat dulu di https://www.facebook.com/pages/create.

#Hubungkan Fanspage dengan Instant Articles
Pilih Fanspage yang ingin Anda kaitkan dengan (Instant Articles). Hubungkan blog Anda dengan menambahkan meta tag tepat dibawah <head> didalam template blog Anda. Lihat Gambar:

Cara Buat Artikel Instan Facebook di Blogger - Instant Articles

#Membuat Artikel Instan (Instant Articles)
Jika situs sudah Anda sudah terhubung, saatnya membuat Artikel Instan (Instant Articles) minimal 10. Nah, karena ini Artikel Instan maka cara membuatnya pun harus instan, Anda tidak perlu membuat artikelnya dengan cara manual karena menurut saya itu sangat ribet.

Disini Anda cukup ke menu Produksi Umpan RSS, dan memanfaatkan Feedbuner dari Google. Untuk FeedBurner, saya tidak perlu jelaskan disini karena Anda para blogger pasti sudah paham. Intinya adalah Anda harus sudah tau Feed Address Blog Anda agar nantinya semua postingan blog Anda secara otomatis masuk di Artikel Produksi Instant Articles.

Perhatikan gambar berikut cara memasukkan Feed Address di dalam Produksi Umpan RSS:

Cara Buat Artikel Instan Facebook di Blogger - Instant Articles

#Cek Artikel Produksi
Jika Feed Address Feedbuner berhasil dikaitkan maka secara otomatis semua postingan Anda akan masuk di Artikel Produksi, Lihat Gambar :

Cara Buat Artikel Instan Facebook di Blogger - Instant Articles

Perhatikan status yang tertera disana, jika status tertulis penerbitan dibatalkan maka cukup menunggu saja, karena Artikel Instan (Instant Articles) Anda sedang ditinjau untuk proses approved atau sebaliknya.

Bingung? Silahkan bertanya..
Semoga Artikel ini bisa bermanfaat, terima kasih.