5/31/2016

Wajib Baca Fakta Unik Tentang Doraemon

Saliagu - Salah satu serial kartun berjudul Doraemon pasti tidak asing lagi di telinga Anda? siapa yang tidak kenal sama karakter robot kucing asal Jepang ini. Bisa dibilang, Doraemon menjadi tokoh kartun sepanjang masa, pengemarnya juga mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

Doraemon

Apakah Anda termasuk salah satu penggemar Doraemon? Berikut ini adalah fakta unik tentang Doraemon yang wajib Anda baca. Apa saja? Simak di bawah ini!


1. Nama asli Doraemon adalah MS-903

Dulu sewaktu dibuat, nama asli Doraemon ternyata adalah MS-903 yang merupakan kode produksinya. Supaya lebih dikenal, robot kucing ini kemudian diberi nama Doraemon yang berasal dari dua kata, yaitu Dora yang berarti kucing liar dan Emon yang merupakan kata tambahan tradisional Jepang yang sering digunakan untuk menyebut manusia atau hewan berkelamin jantan. Namun istilah Dora juga bisa berarti gong dimana bentuk tubuh Doraemon yang bulat seperti gong.

2. Warna asli Doraemon adalah kuning

Doraemon dulunya berwarna kuning

Tahukah Anda? Ternyata dulunya Doraemon bukan robot kucing berwarna biru, melainkan warna aslinya adalah kuning. Kok bisa berubah jadi warna kuning? Ceritanya begini, setelah dia tahu bahwa telinganya digigit tikus, Doraemon terus murung.

Tidak tega melihat kakaknya yang terus murung, adiknya, Dorami memberikan ramuan pembuat senang. Tapi yang diberikan Dorami ternyata adalah ramuan kesedihan. Alhasil setelah meminumnya, Doraemon semakin sedih dan ia pun terus menangis, sehingga warna kuning pada tubuhnya pun luntur dan menjadi warna biru.

3. Doraemon dulunya punya telinga

Doraemon punya telinga

Mungkin Anda bertanya-tanya “Doraemon kan kucing, tapi kok tidak punya telinga?”. Dulu sebenarnya Doraemon punya telinga, tapi kedua telinganya rusak saat menjadi pengasuh bayi Sewashi yang merupakan cicit Nobita dari abad 22. Saat itu ada sebuah robot tikus yang menggigit telinganya dan akhirnya membuat Doraemon harus kehilangan kedua telinganya. Mungkin ini sejarahnya kenapa Doraemon takut sama tikus.

4. Doraemon punya pacar dari abad 22

Pacar Doraemon

Pasti Anda tidak menyangka kan, ternyata Doraemon juga punya pacar dari abad 22, namanya Noramyako. Tapi kisah cinta Doraemon mereka tidak berjalan mulus. Noramyako memutuskan hubungan mereka setelah telinga Doraemon hilang karena digigit oleh tikus, karena merasa Doraemon terlalu pendek untuknya.

5. Doraemon selesai dibuat tahun 2112

Seperti yang sudah Anda ketahui, Doraemon adalah robot kucing yang berasal dari masa depan, tepatnya abad 22. Doraemon sendiri selesai dibuat pada 3 September 2112 di pabrik robot Matsushiba di dekat Tokyo, Jepang. Doraemon pertama kali muncul dalam sebuah manga di Jepang pada tahun 1967 dan mulai meramaikan dunia pertelevisian Indonesia pada tahun 1974.

6. Doraemon juga bersekolah

Bukan hanya Nobita yang bersekolah, tapi Doraemon juga. Ia bersekolah di Robotto Gakko atau sekolah robot. Sayangnya, setelah lulus dari sekolahnya, Doraemon diberi label robot kelas dua karena prestasinya di sekolah sangat buruk. Predikat kelas dua yang disandangnya, membuat tidak ada orang yang mau mempekerjakannya sebagai pengurus rumah dan bayi. Sampai pada akhirnya ada keluarga yang mau menyewanya untuk merawat bayi mereka yang bernama Sewaishi yang juga merupakan cicit Nobita dari abad 22.

7. Doraemon dikirimkan oleh Sewashi ke abad 21

Doraemon pergi ke abad 21, atas perintah Sewashi untuk membuat perubahan yang mempengaruhi masa sekarang. Diceritakan di masa depan, keluarga Nobita hidup dalam penderitaan karena utang yang diwarisi dari kakek buyut mereka yakni Nobita sendiri. Sewashi memutuskan mengirim Doraemon kembali ke masa lalu untuk membantu Nobita menjadi orang yang lebih baik. Idenya adalah bahwa kehadiran Doreamon akan mengubah masa depan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga Nobita.

Doraemon pun tiba di masa lalu, muncul dari dalam laci meja Nobita. Dia tinggal bersama Nobita sejak saat itu dan mencoba menghentikannya dari segala kegagalan hidup. Setiap kali Nobita mendapat kesulitan, Doraemon mencari gadget dalam sakunya untuk digunakan mengatasi masalah.

8. Jumlah alat ajaib yang ada di kantong ajaib Doraemon

Penasaran dengan jumlah alat ajaib yang ada di kantongnya? Sebenarnya kantong ajaib Doraemon yang kecil itu bisa menampung banyak alat, sulit untuk dipercaya namun faktanya kantong ajaib Doraemon sekecil itu menampung hingga 4500 alat ajaib, termasuk juga alat ajaibnya yang paling terkenal seperti pintu kemana saja, mesin waktu dan baling-baling bambu.

9. Doraemon tidak memiliki jari, tapi bisa memegang barang

Pastinya Anda bingung , tangan Doraemon bentuknya bulat dan tidak ada jari, tapi kok bisa memegang barang? Jawabannya karena tangan Doraemon memiliki kekuatan adhesive & daya vacum yang luar biasa sehingga benda apa pun dapat menempel di tangannya. Teknologi yang digunakan pada tangannya ini mirip dengan gaya gravitasi bumi dalam skala mini.

10. Nomor keberuntungan Doraemon adalah 1293

Percaya atau tidak, nomor keberuntungan Doraemon adalah 1293. Mulai dari tanggal lahir hingga berat badannya, semua mengandung angka 1293. Doraemon memiliki berat badan 129,3 kg, tinggi 129,3 cm, lingkar pergelangan tangan dan kakinya 129,3 mm, serta lingkar kepalanya dan lingkar dada 129,3 cm. Tidak hanya itu, Doraemon juga bisa berlari sampai 129,3 km/jam dan melompat setinggi 129,3 cm ketika terancam bahaya. Kekuatan maksimumnya 129,3 bhp. Bahkan ia juga “lahir” pada 3 September 2112 (12/9/3).